Pengaruh Karakteristik Pasien Dan Kualitas Pelayanan Kefarmasian Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Di Apotek Kimia Farma 475 beringin

Selvira Hardianti, . (2021) Pengaruh Karakteristik Pasien Dan Kualitas Pelayanan Kefarmasian Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Di Apotek Kimia Farma 475 beringin. STIKES WDH, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
JURNAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB)

Abstract

Kepuasan pasien adalah salah satu alat ukur yang digunakan untuk mengukur keberhasilan pelayanan kefarmasian. Pasien akan merasakan puas terhadap pelayanan apabila pelayanan kefarmasian yang diberikan sesuai dengan yang diharapkan oleh pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karateristik pasien dan kualitas pelayanan kefarmasian terhadap kepuasan pasien,dimana karakteristik pasien meliputi usia,jenis kelamin,pendidikan dan pekerjaan serta kualitas pelayanan meliputi dimensi kehandalan, ketanggapan, empati,jaminan dan bukti fisik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dengan analisis kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi adalah seluruh pasien rawat jalan yang menggunakan jaminan asuransi BPJS di Apotek Kimia Farma 475 Beringin periode Maret hingga Mei 2021 dengan total sampel digunakan sebanyak 100 responden. Penelitian ini menggunakan data primer yaitu lembar kuesioner yang mengandung lima parameter kehandalan, ketanggapan, empati, jaminan dan bukti fisik, kemudian data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik Chi-square. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan analisis statistik diperoleh tidak adanya pengaruh yang signifikan antara karakteristik usia (ρ=0,702), jenis kelamin (ρ=0,658), pendidikan (ρ=0,707), dan pekerjaan pasien (ρ=0,532) terhadap kepuasan pasien. Selain itu, dari hasil penelitian ini juga ditemukan bahwa adanya pengaruh yang signifikan kualitas pelayanan berupa kehandalan (ρ=0,025), ketanggapan (ρ=0,025), empati (ρ=0,008), jaminan (ρ=0,017), dan bukti fisik (ρ=0,000) terhadap kepuasan pasien. Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak adanya pengaruh karakteristik pasien dan adanya pengaruh kualitas pelayanan kefarmasian terhadap kepuasan di Apotek Kimia Farma 475Beringin. Kata kunci : Apotek, karakteristik pasien, kualitas pelayanan kefarmasian, kepuasan pasien

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Depositing User: Andika Rizky Nugraha
Date Deposited: 05 Mar 2022 04:19
Last Modified: 05 Mar 2022 04:19
URI: http://eprints.wdh.ac.id/id/eprint/1361

Actions (login required)

View Item View Item