Friska Audi Anjarini, . (2021) Studi Komparasi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Prasekolah Yang Mengikuti Program Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Dan Yang Tidak Mengikuti Program Pendidikan Anak Usia Dini Di Rw 07 Kelurahan Grogol Kota Depok. STIKES WDH, Tangerang Selatan.
Text
FILE COVER.pdf Restricted to Registered users only Download (406kB) |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (302kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (498kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (293kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (291kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (510kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) |
|
Text
MANUSCRIPT.pdf Restricted to Registered users only Download (851kB) |
Abstract
Di kota depok anak yang mengikuti PAUD formal TK+TKLB tercatat sebanyak 18.776 RA/Sederajat 7.832, anak yang mengikuti program PAUD non formal tercatat sebanyak 14.973. Capaian Angka Partisipasi Kasar (APK) Kemendikbud dan kemenag 36,77 % artinya hanya 41.581 yang mengikuti Pendidikan Usia Dini (PAUD) (Kemdikbud 2020), Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan perkembangan motorik halus anak usia prasekolah yang mengikuti program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan yang tidak mengikuti program Pendidikan Anak Usia Dini. Metode penelitian ini menggunakan desain kuantitatif deskriptif dengan jenis pendekatan cross-sectional. Setiap subjek penelitian hanya diobservasi sekali saja dan pengukuran dilakukan terhadap status karakter atau variabel subjek pada saat pemeriksaan.Jumlah responden sebanyak 60 anak diataranya 30 anak mengikuti PAUD dan 30 anak tidak mengikuti PAUD. Teknik yang digunakan adalah Total Sampling, Analisa data menggunakan uji Mann Whitney .Dari hasil penelitian diperoleh bahwa Motorik Anak yang mengikuti PAUD 30 responden (100%) Baik, dan anak yang tidak mengikuti PAUD memiliki Motorik Halus Baik Yaitu 20 Responden (67%), Sedangkan Hampir Setengah Responden Yang Tidak Mengikuti PAUD Memiliki Motorik Halus Kurang Baik Yaitu 10 Responden (33%). Hasil uji statistik diperoleh nilai p-Value/ Asymp.Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05 yang artinya Ha Diterima dan H0 ditolak maka dapat di simpulkan bahwa ada perbedaan antara Motorik Halus Halus Anak Usia Prasekolah Yang Mengikuti Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dan Yang Tidak Mengikuti Program Pendidikan Anak Usia Dini Di RW 07 Kelurahan Kota Depok. Saran bagi institusi Pendidikan diharapkan memberikan masukan informasi tentang perkembangan motorik halus anak usia prasekolah yang mengikuti program Pendidikan anak usia dini (PAUD) dan anak yang tidak mengikuti program Pendidikan anak usia dini (PAUD) sehingga dapat dijadikan panduan dalam meningkatkan perkembangan anak usia prasekolah di institusi pendidikan. Kata Kunci : Motorik Halus, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kepustakaan : 30 (2012-2020)
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Depositing User: | Winda Safitri . |
Date Deposited: | 07 Mar 2022 04:56 |
Last Modified: | 07 Mar 2022 04:56 |
URI: | http://eprints.wdh.ac.id/id/eprint/1387 |
Actions (login required)
View Item |