Hubungan Persepsi Dan Tingkat Stres Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Dengan Kualitas Tidur Mahasiswa Keperawatan Semester 4 Di Stikes Widya Dharma Husada

Sutra Camelia, . (2021) Hubungan Persepsi Dan Tingkat Stres Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Dengan Kualitas Tidur Mahasiswa Keperawatan Semester 4 Di Stikes Widya Dharma Husada. STIKES WDH, Tangerang Selatan.

[img] Text
1. FILE COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB)
[img] Text
9. FILE JURNAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)

Abstract

Saat ini pandemic Covid 19 menjadi salah satu krisis kesehatan paling utama bagi setiap individu. Hal tersebut membuat beberapa negara menerapkan kebijakan untuk memberlakukan lockdown dalam mencegah penyebaran virus Corona. Menurut penelitian Charismiadji tahun 2020, mengatakan semakin tingginya angka penularan Covid 19 menyebabkan proses pembelajaran harus dilakukan secara daring untuk menekan tingkat penyebaran kasus Covid 19. Beberapa instansi pendidikan sudah siap dengan proses pembelajaran daring tetapi masih banyak instansi pendidikan yang kesulitan memahami pembelajaran daring dalam sistem online. Mahasiswa yang kebingungan menghadapi metode pembelajaran daring dengan tumpukan tugas menyebabkan terjadinya kecemasan yang merupakan sumber nyata dari penyebab tingkat stres mahasiswa Nasir (2011). kondisi sinyal dan lingkungan rumah yang kurang mendukung serta banyak tugas matakuliah yang harus dikerjakan apalagi sulit untuk berinteraksi dengan dosen sehingga menjadi penyebab stres dan kualitas tidurnya terganggu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya hubungan persepsi pembelajaran daring dan tingkat stres dengan kualitas tidur. Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan menggunakan desain analitik dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel sebanyak 156 mahasiswa semester 4 dengan menggunakan Teknik stratified random sampling dan pengumpulan data menggunakan kusioner melalui google form. Hasil penelitian ini menggunakan uji statistic gamma diperoleh ada hubungan perspesi dengan tingkat stres mendapati hasil p-value 0,003, ada hubungan tingkat stres dengan kualitas tidur mendapati hasil p-value 0,032, ada hubungan antara persepsi dengan kualitas tidur mendapati hasil 0,001 dan hasil uji statistic regresi logistic menunjukan bahwa variabel yang paling berpengaruh terhadap kualitas tidur adalah persepsi pembelajaran daring dengan nilai signifikansi 0,018 dengan nilai (OR=0,405). Hasil penelitian ini dapat menjadi bahan pertimbangan bagi institusi pendidikan khususnya bagi mahasiswa dalam pengupayaan meningkatkan kualitas tidur dengan persepsi pembelajaran daring dan tingkat stres. Kata kunci : Persepsi, Tingkat stres, Kualitas Tidur Kepustakaan : 51 (2011-2021)

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Winda Safitri .
Date Deposited: 09 Mar 2022 03:36
Last Modified: 09 Mar 2022 03:36
URI: http://eprints.wdh.ac.id/id/eprint/1445

Actions (login required)

View Item View Item