Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas Caringin Legok Periode 2021

Natasya Febriwanti, . (2021) Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas Caringin Legok Periode 2021. STIKES WDH, Tangerang Selatan.

[img] Text
File Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB)
[img] Text
File BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img] Text
File BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB)
[img] Text
File BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (635kB)
[img] Text
File BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[img] Text
File BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8kB)
[img] Text
Manuscript Natasya Febriwanti 181040400299.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB)

Abstract

Latar belakangPuskesmas merupakan salah satu fasilitas kesehatan yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat. Pelayanan Kefarmasian menurut peraturan pemerintah RI No. 30 tahun2014 adalah suatu pelayanan langsung dan bertanggung jawab kepada pasien yang berkaitan dengan Sediaan Farmasi dengan maksud mencapai hasil yang pasti untuk meningkatkan mutu kehidupan pasien.Indikator keberhasilan pelayanan kesehatan adalah kepuasan pasien. Kepuasan pasien dalam kaitan pelayanan kefarmasian dapat diukur berdasarkan dimensi kepuasan yaitu: wujud / bukti nyata (tangible), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), dan empati (empathy). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengidentifikasi Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas Caringin Legok Periode 2021. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan desain cross sectional dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pasien yang mengambil obat di apotek Puskesmas Caringin Legok dengan besar sampel sebanyak 95 responden menggunakan metode purposive sampling yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa Pelayanan Kefarmasian secara keseluruhan di PuskesmasCaringin Legok yaitu 79,6% dan di setiap dimensinya yaitu Kehandalan (83,55%), Empati (80,66%) Jaminan (79,95%) Bukti Nyata (78,42%) Ketanggapan (75,88%). Hasil penelitian ini menujukkan bahwa pasien sangat puas dengan Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas Caringin Legok Periode 2021. Kata kunci : Kepuasan pasien, Puskesmas, Pelayanan Kefarmasian Referensi : Buku, Jurnal, Skripsi (2013-2020)

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Depositing User: Andika Rizky Nugraha
Date Deposited: 16 Mar 2022 06:51
Last Modified: 16 Mar 2022 06:51
URI: http://eprints.wdh.ac.id/id/eprint/1504

Actions (login required)

View Item View Item