Hubungan Pengetahuan Tentang Penanganan Dismenore Dengan Aktivitas Belajar Pada Siswi Kelas 11 Smk Kesehatan Letris Indonesia 2 Tangerang

Deti Damayanti, . (2021) Hubungan Pengetahuan Tentang Penanganan Dismenore Dengan Aktivitas Belajar Pada Siswi Kelas 11 Smk Kesehatan Letris Indonesia 2 Tangerang. STIKES WDH, Tangerang Selatan.

[img] Text
1. FILE COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB)
[img] Text
2. FILE BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img] Text
3. FILE BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (552kB)
[img] Text
4. FILE BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[img] Text
5. FILE BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB)
[img] Text
6. FILE BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB)
[img] Text
7. FILE BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text
9. FILE JURNAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB)

Abstract

Dismenore adalah nyeri sewaktu haid yang timbul berupa kram perut bagian bawah yang menjalar kepunggung atau kaki dan biasanya disertai dengan diare, pusing dan kelemahan umum. Menurut Kemenkes RI tahun 2016 prevalensi remaja putri di Indonesia yang mengalami kejadian nyeri haid sekitar 55%. Dari hasil penelitian di Indonesia angka kejadian dismenore sebesar 64,25% yang terdiri dari 54,89% dismenore primer dan 9,36% dismenore sekunder. Menurut Rina (2017) Disminore dapat menurunkan konsentrasi belajar sehingga dapat mengganggu aktivitas belajar. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahuai adanya hubungan pengetahuan tentang penanganan Dismenore dengan Aktivitas Belajar pada siswi kelas XI Keperawatan SMK Kesehatan Letris Indonesia 2. Metode penelitian ini menggunakan Cross Sectional dengan penggunaan teknik Probability Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 siswi SMK Kesehatan Letris Indonesia 2, Pengumpulan data dengan menggunakan keusioner. Data dianalisis dengan menggunakan uji statistik Chi Square dengan nilai signifikan >0,05. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat tidak ada hubungan pengetahuan tentang penanganan Dismenore dengan aktivitas belajar pada siswi Kelas XI Keperawatan SMK Kesehatan Letris Indonesia 2, dengan nilai p value=0,802. Kesimpulan penelitian ini adalah tidak ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan tentang penanganan Dismenore dengan aktivitas belajar. Saran dari hasil penelitian ini diharapkan siswi bisa menggali lagi pengetahuan tentang penanganan Dismenore sehingga bisa menangani Dismneore pada saat beraktivitas disekolah. Kata Kunci : Pengetahuan tentang Penananganan Dismenore, Aktiivtas Belajar, Siswi Kelas XI Kepustakaan : 20 Tahun Kepustakaan : (2016-2020)

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Winda Safitri .
Date Deposited: 17 Mar 2022 04:26
Last Modified: 17 Mar 2022 04:26
URI: http://eprints.wdh.ac.id/id/eprint/1526

Actions (login required)

View Item View Item