Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Banten

Tari Dwi Cahyani, . (2021) Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Banten. STIKES WDH, Tangerang Selatan.

[img] Text
FILE COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] Text
FILE BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB)
[img] Text
FILE BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[img] Text
FILE BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[img] Text
FILE BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[img] Text
FILE BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB)
[img] Text
FILE JURNAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)

Abstract

Pelayanan kesehatan yang berkualitas adalah pelayanan kesehatan yang dapat memuaskan pemakai jasa pelayanan kesehatan sesuai dengan tingkat kepuasan. Kepuasan pasien merupakan indikator penting bagi pelayanan kefarmasian dan memiliki hubungan erat dengan kualitas pelayanan. Kualitas pelayanan yang baik akan memberikan kepuasan kepada pasien sehingga mempengaruhi pasien untuk kembali lagi ke Rumah Sakit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan kefarmasian di Rumah Sakit Umum Daerah Banten. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan cross sectional dengan menyebarkan kuesioner dengan sampel sebanyak 100 responden. Penelitian ini menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik accidental sampling.Tingkat kepuasan dapat diukur berdasarkan lima dimensi kualitas jasa pelayanan, dan dianalisis dengan menggunakan persentase dan skala likert. Hasil penelitian tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan kefarmasian menunjukan bahwa pelayanan yang di berikan di Instalasi Farmasi rawat jalan Rumah Sakit Umum Daerah Banten dengan tingkat kepuasan di setiap dimensinya yaitu bukti langsung 76,90%, empati 71,30, kehandalan 70,75%, jaminan 69,5%, dan ketanggapan 68,55%. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pasien merasa puas terhadap dimensi bukti langsung, pada dimensi jaminan, kehandalan, ketanggapan, dan empati merasa cukup puas dengan pelayanan yang diberikan di Instalasi Farmasi rawat jalan Rumah Sakit Umum Daerah Banten. Kata kunci : Tingkat kepuasan, Kualitas Pelayanan, RSUD Banten

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Depositing User: Andika Rizky Nugraha
Date Deposited: 17 Mar 2022 07:12
Last Modified: 17 Mar 2022 07:12
URI: http://eprints.wdh.ac.id/id/eprint/1540

Actions (login required)

View Item View Item