Hubungan Perhatian Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Siswa/I Kelas V Di Sdn Mekarsari 1 Kabupaten Tangerang

Arifka Anliada Putri, . (2021) Hubungan Perhatian Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Siswa/I Kelas V Di Sdn Mekarsari 1 Kabupaten Tangerang. STIKES WDH, Tangerang Selatan.

[img] Text
1. File Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB)
[img] Text
2. File Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB)
[img] Text
3. File Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB)
[img] Text
4. File Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[img] Text
5. File Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (669kB)
[img] Text
6. File Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (744kB)
[img] Text
7. File Bab VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text
9. File Jurnal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB)

Abstract

Perhatian orang tua adalah pemusatan energi yang dilakukan secara sengaja, intensif, dan terkonsentrasi dari orang tua yang ditandai rasa penuh kasih sayang dalam melakukan tindakan demi prestasi belajar anak. Dalam pendidikan formal, sangat diperlukan keseriusan siswa dalam belajar agar memperoleh ilmu dengan maksimal. Namun tanpa disadari kita melupakan bahwa peran orang tua dalam kegiatan belajar sangat penting bukan hanya guru saja karena pendidikan anak pertama kali didapat dari keluarganya yaitu orang tuanya. Peran orang tua yang cuek dan kurang baik dapat mempengaruhi pola fikir anaknya. Penelitian ini membahas tentang “Hubungan Perhatian Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Siswa/i Kelas V Di SDN Mekarsari 1 Kabupaten Tangerang”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan perhatian orang tua dengan prestasi belajar siswa/i kelas V di SDN Mekarsari 1 Kabupaten Tangerang. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi yang digunakan adalah siswa/i kelas 5 di SDN Mekarsari 1 Kabupaten Tangerang berjumlah 105 orang. Sampel penilitian berjumlah 83 responden dengan menggunakan cara probability sampling dengan teknik random sampling. Berdasarkan hasil penelitian ini menggunakan uji statistik Spearman Rank diperoleh nilai r = 0.614 dan p = 0.000 (p < 0.05) sehingga hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara perhatian orang tua dengan prestasi belajar siswa/i kelas V di SDN Mekarsari 1 Kabupaten Tangerang. Diharapkan adanya peningkatan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar karena semakin tinggi perhatian orang tua akan diikuti dengan prestasi belajar pada anak usia kanak - kanak dan usia remaja. Kata Kunci : Perhatian Orang Tua, Prestasi Belajar, Siswa/i Kelas V Kepustakaan : 25 (7 buku dan 18 jurnal) Tahun : 2012 - 2020

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Winda Safitri .
Date Deposited: 24 Mar 2022 05:16
Last Modified: 24 Mar 2022 05:16
URI: http://eprints.wdh.ac.id/id/eprint/1593

Actions (login required)

View Item View Item