Faktor - Faktor Yang Berhubungan Dengan Stres Pada Siswa Dalam Proses Belajar Di Rumah Selama Pandemi Covid-19 Di Mi Nurul Hidayah

Zakiyah Hanifa, . (2021) Faktor - Faktor Yang Berhubungan Dengan Stres Pada Siswa Dalam Proses Belajar Di Rumah Selama Pandemi Covid-19 Di Mi Nurul Hidayah. STIKES WDH, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (607kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13kB)
[img] Text
11. MANUSKRIP JURNAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)

Abstract

Stres belajar diartikan sebagai tekanan-tekanan yang dihadapi anak berkaitan dengan sekolah, dipersepsikan secara negatif, dan berdampak pada kesehatan fisik, psikis, dan performansi belajarnya. Berdasarkan survei Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) bahwa belajar di rumah selama COVID-19 membuat siswa sekolah dasar stres dan lelah, disebutkan bahwa terdapat 79,9% siswa yang mengaku bahwa proses pembelajaran daring tanpa interaksi dapat memicu stres akademik. Survei nasional yang dilakukan Kemendikbud tahun 2020 juga mendukung temuan KPAI yang hasilnya menemukan tiga hambatan terbesar dalam belajar daring pada siswa sekolah dasar, seperti tidak dapat bertanya langsung kepada guru, kesulitan memahami pelajaran dan kurangnya konsentrasi selama mengikuti belajar daring. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis faktor–faktor yang berhubungan dengan stres pada siswa dalam proses belajar di rumah selama pandemi COVID-19 di MI Nurul Hidayah. Jenis penelitian ini bersifat analitik obsevasional dengan desain penelitian cross sectional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini siswa kelas 4, 5 dan 6 di MI Nurul Hidayah. Teknik sampling pada penelitian ini menggunakan sistem probability sampling dengan metode simple random sampling. Data dikumpulkan dengan cara menggunakan kuesioner. Jumlah sampel sebanyak 133 responden. Dari pola pikir, kepribadian, pelajaran lebih padat, tekanan untuk berprestasi tinggi, dorongan status sosial dan orang tua saling berlomba dengan stres memiliki hubungan, dan tidak adanya hubungan keyakinan terhadap diri dengan stres. Penelitian ini diharapkan menjadi sebuah solusi dan masukan bagi orang tua murid dan MI Nurul Hidayah dalam kegiatan pembelajaran menggunakan videokreatif dan pembahasan yang mudah dimengerti serta menggunakan aplikasi google class room agar pembelajaran lebih efektif dimasa pandemi COVID-19. Kata kunci : stres, stres belajar, siswa

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: Andika Rizky Nugraha
Date Deposited: 10 May 2022 04:56
Last Modified: 10 May 2022 04:56
URI: http://eprints.wdh.ac.id/id/eprint/1681

Actions (login required)

View Item View Item