Karolus Gnu Huler, . (2020) Pengaruh Penyuluhan Terhadap Pengetahuan Dan Perilaku Pengelolaan Sampah Konsep 3r (Reduce, Reuse, Recycle) Kelas V Sekolah Dasar Negeri Binong Iii Kabupaten Tangerang Tahun 2020. STIKES WDH, Tangerang Selatan.
Text
COVER_removed (1).pdf Restricted to Registered users only Download (219kB) |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (219kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (234kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (231kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (281kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (90kB) |
|
Text
JURNAL.pdf Restricted to Registered users only Download (293kB) |
Abstract
Berdasarkan Renstra Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tangerang Tahun 2014-2018.Pada tahun 2016 Kota Tangerang memiliki jumlah penduduk 2.047.105 jiwa dengan produksi timbunan sampah yang di hasilkan ialah 5.978 m³/hari atau seberat 1.228 Ton/hari. Peran siswa dalam pengelolaan sampah di perlukan dalam meminimalisir penumpukan produksi sampah di TPA Jatiwaringin.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan di lakukan penyuluhan terhadap peningkatan dan pengetahuan dan dan prilaku antar kelompok eksperimen dan kontrol dalam pengelolaan sampah konsep 3R melalui intervensi penyuluhan pada siswa kelas V SDN Binong III Jenis penelitian ini yaitu quasi eksperimental dengan rancangan non-equivalent controlgroup.Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Binong III sebanyak 60 siswa, dengan sampel sebanyak 30 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 30 siswa sebagai kolompok kontrol dengan kriteria bersedia mengikuti penelitian sampai selesai dengan menggunakan teknik sampling purposive sampling. Lokasi penelitian yaitu di Sekolah Dasar Negeri Binong III Kabupaten Tangerang yang dilaksanakan pada tahun 2019 dengan menggunakan instrument kuesioner pre test dan post test. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat dengan menggunakan uji bedaWilcoxon untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan pengetahuan dan perilaku antara kelompok eksperimen dan kontrol. Hasil uji statistik Wilcoxon menunjukan selisih pengetahuan pre test dan post test pada kelompok eksperimen (p-value=0,000 ) dan (p-value=1,000 ) pada pre test dan post test kelompok eksperimen. Dari hasil penelitian ini ada perbedaan dilakukannya penyuluhan terhadap pengetahuan dan intensi perilaku siswa dalam pengelolaan sampah konsep 3R pada kelompok eksperimen dengan nilai p-value= 0,000 .pada kelompok kontrol tidak ada perbedaan yang signifikan pada pre test dan post test dengan nilai p-value=1,000 .Dari hasil penelitian ini diharapkan bagi SD N Binong III dapat mengadakan sosialisasi terkait pengelolaan sampah konsep 3R dan menyediakan fasilitas pemilahan sampah di sekolah guna mengurangi sampah plastic dan menjaga kebersihan sekolah. Kata kunci : Pengelolaan sampah, pengetahuan, perilaku, penyuluhan. Kepustakaan : 31 (2000-2018)
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Depositing User: | Andika Rizky Nugraha |
Date Deposited: | 08 Feb 2021 05:14 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 02:52 |
URI: | http://eprints.wdh.ac.id/id/eprint/171 |
Actions (login required)
View Item |