Hubungan Pengetahuan, Sikap Dan Perilaku Ibu Dalam Stimulasi Dengan Perkembangan Sosial Pada Anak Di Rw 01 Benda Baru Pamulang

Heny Dwi Agustianingrum, . (2020) Hubungan Pengetahuan, Sikap Dan Perilaku Ibu Dalam Stimulasi Dengan Perkembangan Sosial Pada Anak Di Rw 01 Benda Baru Pamulang. STIKES WDH, Tangerang Selatan.

[img] Text
FILE COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (744kB)
[img] Text
FILE BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[img] Text
FILE BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[img] Text
FILE BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB)
[img] Text
FILE BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[img] Text
FILE BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[img] Text
FILE BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB)
[img] Text
Manuscript.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)

Abstract

Perkembangan sosial berarti perolehan kemampuan berperilaku yang sesuai dengan tuntunan sosial. Perkembangan sosial pada anak usia dini dari usia 2-6 tahun, anak belajar melakukan hubungan sosial dan bergaul dengan orang-orang di lingkungan rumah terutama dengan teman sebaya. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan pengetahuan, sikap dan perilaku ibu dalam stimulasi dengan perkembangan sosial pada anak di RW 01 Benda Baru Pamulang. Penelitian ini menggunakan deskriptif analitik dengan metode cross sectional dengan jumlah sampel sebanyak 87. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner. Analisis data menggunakan uji Gamma dan Kendalls-tau. Hasil analisis didapatkan bahwa ada hubungan antara pengetahuan ibu dalam stimulasi dengan perkembangan sosial pada anak usia 36-48 bulan (p-value = 0,005) dan usia 48-60 bulan (p-value = 0,057), ada hubungan antara sikap ibu dalam stimulasi dengan perkembangan sosial anak 36-48 bulan (p-value = 0,013) dan tidak ada hubungan antara sikap ibu dalam stimulasi dengan perkembangan sosial pada anak 48-60 bulan (p-value = 0,147) serta tidak ada hubungan antara perilaku ibu dalam stimulasi dengan perkembangan sosial pada anak 36-48 bulan (p-value = 0,917) dan ada hubungan antara perilaku ibu dalam stimulasi dengan perkembangan sosial pada anak 48-60 bulan (p-value = 0,027). Diharapkan ibu dapat meningkatkan pengetahuan dan memperbaiki sikap serta perilaku dalam memberikan stimulasi dengan perkembangan sosial pada anak dan memberikan stimulasi yang teratur sesuai tahap perkembangan anak. Kata Kunci : Pengetahuan, Sikap, Perilaku, Stimulasi, Perkembangan Sosial Anak Referensi : Skripsi, Buku, Jurnal Tahun Referensi : (2010-2019)

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Winda Safitri .
Date Deposited: 20 Jul 2022 06:34
Last Modified: 20 Jul 2022 06:34
URI: http://eprints.wdh.ac.id/id/eprint/1839

Actions (login required)

View Item View Item