Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas 5 Menggunakan Metode Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sdn Kalisuren 01 Bogor

Nur Kamila Suparli, . (2022) Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas 5 Menggunakan Metode Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sdn Kalisuren 01 Bogor. STIKES WDH, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB)
[img] Text
MANUSKRIP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)

Abstract

Berdasarkan dari Surat Edaran Mendikbud No 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19) menghimbau kepada semua lembaga pendidikan agar tidak melakukan proses kegiatan belajar mengajar secara tatap muka, melainkan harus dilakukan dengan pembelajaran jarak jauh. Motivasi belajar siswa disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. peran orang tua merupakan salah satu pendukung perkembangan motivasi belajar pada siswa. Motivasi belajar akan meningkat jika mendapatkan motivasi yang kuat dari keluarga. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya hubungan pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas 5 menggunakan metode pembelajaran daring pada masa pandemic Covid-19 di SDN Kalisuren 01 Bogor. Metode penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional untuk mengetahui hubungan antara variabel independen dan variabel dependen, data dikumpulkan dengan cara menggunakan kuesioner, jumlah sampel 57 siswa kelas 5. Teknik sampling menggunakan Sampling Jenuh. Menggunakan uji Spearman Rank.Hasil penelitian diperolehpola asuh demokratis yaitu 20 responden (35,1) dengan tingkat motivasi belajar cukup. Hasil uji statistik diperoleh nilai (p-value = 0,077 > a=0,05) Maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan (bermakna) antara pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas 5 menggunakan metode pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19. Dengan angka koefisien korelasi bernilai positif yaitu 0,236 yang menunjukkan korelasi dengan kekuatan lemah.Saran untuk perawat dalam praktik keperawatan komunitas diharapkan perannya dapat membantu keluarga untuk dapat memberikan pola asuh yang tepat untuk anaknya. Kata kunci : Pola asuh orang tua, Motivasi belajar, Pembelajaran daring Kepustakaan : 53 (2012-2022)

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Andika Rizky Nugraha
Date Deposited: 23 Aug 2022 07:51
Last Modified: 23 Aug 2022 07:51
URI: http://eprints.wdh.ac.id/id/eprint/2111

Actions (login required)

View Item View Item