Mesya Fauziah, . (2022) Hubungan Motivasi Belajar Daring Dengan Kemampuan Memahami Materi Di Masa Pandemi Covid-19 Kepada Siswa Siswi Kelas X Dan Xi Di Smk Tadika Pertiwi. STIKES WDH, Tangerang Selatan.
Text
FILE COVER MESYA FAUZIAH.pdf Restricted to Registered users only Download (807kB) |
|
Text
FILE BAB 1 MESYA FAUZIAH.pdf Restricted to Registered users only Download (311kB) |
|
Text
FILE BAB 2 MESAYA FAUZIAH.pdf Restricted to Registered users only Download (354kB) |
|
Text
FILE BAB 3 MESYA FAUZIAH.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) |
|
Text
FILE BAB 4 MESYA FAUZIAH.pdf Restricted to Registered users only Download (475kB) |
|
Text
FILE BAB 5 MESYA FAUZIAH.pdf Restricted to Registered users only Download (307kB) |
|
Text
FILE BAB 6 MESYA FAUZIAH.pdf Restricted to Registered users only Download (91kB) |
|
Text
MENUSKRIP MESYA FAUZIAH.pdf Restricted to Registered users only Download (162kB) |
Abstract
Berdasarkan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam masa darurat penyebaran virus, Mendikbud menghimbau agar semua lembaga pendidikan tidak melakukan proses belajar mengajar secara langsung atau tatap muka, melainkan harus dilakukan secara tidak langsung atau jarak jauh. Dengan adanya himbauan tersebut membuat semua lembaga pendidikan mengganti metode pembelajaran yang digunakan yaitu menjadi online atau dalam jaringan (daring) (Ise Fitrilia & Tri Rohani,2021). Tujuan peneliti ini adalah untuk mengetahui hubungan motivasi belajar daring dengan kemampuan memahami materi di masa pandemi Covid-19 kepada siswa siswi kelas X dan XI di SMK Tadika Pertiwi. Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan data primer (kuesioner) dan memakai metode penelitian cross sectional dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen, data yang dikumpulkan dengan cara menggunakan kuesioner. Jumlah sampel sebanyak 113 siswa siswi di SMK Tadika Pertiwi. Dari hasil penelitian diperoleh Siswa-siswi yang mempunyai motivasi belajar daring hampir setengahnya sebanyak 51 responden (45,1%), dan lebih dari setengahnya sebanyak 62 responden (54,9%) tidak pernah mempunyai motivasi belajar daring serta kemampuan memahami materi lebih dari setengahnya sebanyak 60 responden (53,1%), sedangkan kemampuan memahami materi hampir setengahnya sebanyak 53 responden (46,9%). Hasil uji statistik diperoleh nilai (p-value=0,000, α: 0,05) maka kesimpulan bahwa ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar daring dengan kemampuan memahami materi dimasa pandemi Covid-19. Saran dari hasil penelitian ini diharapkan institusi pendidikan dapat meningkatkan dan menentukan berbagai cara agar pada saat pembelajaran daring siswa siswi mempunyai motivasi pada diri sendiri sehingga kemampuan memahami materi dapat dipahami lebih baik. Kata kunci : motivasi belajar daring, kemampuan memahami materi Kepustakaan : 15 (2016-2021)
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Depositing User: | Andika Rizky Nugraha |
Date Deposited: | 26 Aug 2022 07:10 |
Last Modified: | 26 Aug 2022 07:10 |
URI: | http://eprints.wdh.ac.id/id/eprint/2187 |
Actions (login required)
View Item |