Hubungan Media Pembelajaran Google Clasroom Dan Zoom Meeting Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas Viii Di Smpn 16 Kota Bogor

Choirriyah Lutfi Firdaus, . (2022) Hubungan Media Pembelajaran Google Clasroom Dan Zoom Meeting Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas Viii Di Smpn 16 Kota Bogor. STIKES WDH, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (724kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] Text
JURNAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)

Abstract

Sekolah online merupakan kegiatan belajar seperti sekolah biasa tetapi dilakukan secara online. Motivasi belajar merupakan dorongan internal dan eksternal siswa yang sedang belajar untuk perubahan perilaku. Google Classroom adalah platform pembelajaranyang dikembangkan oleh google bertujuan menyederhanakan pembuatan tugas dengan cara tanpa kertas. Zoom meeting adalah aplikasi layanan meeting jarak jauh yang berkonsep screen sharing. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui hubungan media pembelajaran google classroom dan zoom meeting terhadap motivasi belajar dan hasil belajar pada siswa kelas VIII di SMPN 16 Kota Bogor. Metode Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan penelitian analitik menggunakan data primer (kuesioner), memakai metode penelitian cross sectional. Bertujuan untuk mengetahui hubungan antara variabel dengan variabelJumlah sampel sebanyak 74 siswa kelas VIII di SMPN 16 Kota Bogor. Menggunakan teknik Simple Random Sampling. Hasil Penelitian: Diperoleh pembelajaran melalui Google Classroom efektif dengan motivasi belajar sebanyak 32 responden (43.2%). Hasil uji statistik menggunakan uji Chi-Square diperoleh nilai p-value 0,01<α 05. Pembelajaran melalui Zoom Meeting efektif dengan motivasi belajar sebanyak 32 responden (43.2%) diperoleh nilai p-value 0,00<α 0,05. Pembelajaran melalui Zoom Meeting efektif dengan hasil belajar sebanyak 30 responden (40.5%). Diperoleh nilai p-value 0,00<α 0,05. Kesimpulan: Bahwa ada hubungan yang signifikan antara penggunaan media pembelajaran Google Classroom terhadap motivasi belajar, penggunaan media pembelajaran Google Classroom terhadap hasil belajar siswa, penggunaan media pembelajaran zoom meeting terhadap motivasi belajar dan penggunaan media pembelajaran zoom meeting terhadap hasil belajar siswa. Saran: Hasil penelitian ini penggunaan Google Classroom dan Zoom Meeting agar lebih inovatif dan kreatif dalam upaya peningkatan motivasi belajar. Kata kunci : Google Classroom, Zoom Meeting, Motivasi Belajar

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Andika Rizky Nugraha
Date Deposited: 01 Sep 2022 07:35
Last Modified: 01 Sep 2022 07:35
URI: http://eprints.wdh.ac.id/id/eprint/2225

Actions (login required)

View Item View Item