Pengaruh Kualitas Pelayanan Kefarmasiaan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Di Empat Apotek Kota Tangerang Selatan

Renato Putra Herwina, . (2020) Pengaruh Kualitas Pelayanan Kefarmasiaan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Di Empat Apotek Kota Tangerang Selatan. STIKES WDH, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER_removed (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[img] Text
JURNAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)

Abstract

Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dibidang kefarmasian, maka telah terjadi pergeseran orientasi pelayanan kefarmasian dari hanya pengelolaan obat menjadi pelayanan ke pasien yang komprehensif (Pharmaceutical Care). Beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan pasien adalah kualitas pelayanan kefarmasian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan Kefarmasian terhadap Tingkat Kepuasan Pasien di Empat Apotek Kota Tangerang Selatan. Penelitian ini adalah jenis penelitian analitik kuantitatif dengan metode cross sectional. Penelitian ini mengunakan metode pengambilan sampel accidental sampling dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden di empat apotek kota Tangerang Selatan. Metode analisis data menggunakan metode uji asumsi klasik, uji korelasi product moment, uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan jika Kualitas pelayanan kefarmasian memiliki pengaruh yang kuat dengan tingkat kepuasan pasien yang memiliki nilai pearson korelasi 0,714. Kategori penilaian untuk variabel kualitas pelayanan menghasilkan jawaban cukup baik dari responden sebesar 65%. Pada kategori penilaian variabel kepuasan pasien didapatkan jawaban cukup puas sebesar 75% yang berarti pasien merasa puas dengan pelayanan yang diberikan pegawai di empat apotek kota Tangerang Selatan. Kualitas pelayanan yang diberikan oleh ke empat apotek sudah baik, tetapi harus terus ditingkatkan agar tidak terjadi penurunan tingkat kepuasan pasien di masa mendatang. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan Kefarmasian, Tingkat Kepuasan Pasien Referensi : Buku, jurnal penelitian, skripsi, dan laporan Tahun Referensi : 2009 – 2019

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Depositing User: Andika Rizky Nugraha
Date Deposited: 08 Mar 2021 03:14
Last Modified: 08 Mar 2021 03:14
URI: http://eprints.wdh.ac.id/id/eprint/224

Actions (login required)

View Item View Item