Pengaruh Edukasi Kesehatan Melalui Media audio visual Dan Media Visual terhadap pengetahuan Covid-19 Pada Remaja Di Smk fajar ciseeng Bogor

Liselia Armanda, . (2022) Pengaruh Edukasi Kesehatan Melalui Media audio visual Dan Media Visual terhadap pengetahuan Covid-19 Pada Remaja Di Smk fajar ciseeng Bogor. STIKES WDH, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (791kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text
JURNAL (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)

Abstract

Di Indonesia kasus Covid-19 per tanggal 27 Januari 2022 mencapai 4.309.270 kasus terkonfirmasi. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh UNICEF terhadap 4000 remaja terkait Covid-19, terbukti masih ada 25% remaja yang tidak tahu apa-apa tentang Covid-19. Survei dariWahana Visi Indonesia (WVI) menemukan pengetahuan serta pemahaman remaja di Indonesia mengenai Covid-19 masih rendah. Pengetahuan yang baik tentang Covid 19 menjadi faktor yang berkontribusi dalam melakukan pencegahan penyakit.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh edukasi kesehatan melalui media Audiovisual dan media visual terhadap pengetahuan Covid-19 pada remaja di SMK Fajar Ciseeng Bogor. Metode penelitian merupakan jenis penelitian analitik dengan pendekatan studi kuantitatif dan desain penelitian Quasi Eksperiment dengan rancangan two group pre and post test design yang terdiri atas dua kelompok, yaitu kelompok yang diberi perlakuan edukasi kesehatan dengan media audiovisual dan kelompok yang diberi perlakuan edukasi kesehatan melalu media visual. Data yang dikumpulkan dengan cara menggunakan kuesioner pengetahuan tentang Covid-19. Jumlah sampel sebanyak 90 responden siswa/I di SMK Fajar Ciseeng Bogor.Dari hasil penelitian di perolehhasil uji paired sample T test di mana diperoleh nilai sig. (2-tailed ) sebesar 0,000 < 0,05 sehingga terdapat perbedaan rata-rata pengetahuan sebelum dilakukan edukasi kesehatan dengan media audiovisual dengan pengetahuan setelah dilakukan edukasi kesehatan dengan media audiovisual. hasil uji paired sample T test di mana diperoleh nilai sig. (2-tailed ) sebesar 0,000 < 0,05 sehingga terdapat perbedaan rata-rata pengetahuan sebelum dilakukan edukasi kesehatan dengan media visualdengan pengetahuan setelah dilakukan edukasi kesehatan dengan media visual. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan uji paired sample t-test dan Uji Independemt T-test diperoleh nilai mean media audiovisual diperoleh nilai mean sebanyak 22,71 dan nilai probabilitas (sig.) 0,001, sedangkan nilai mean media visual sebanyak 20,73 dan nilai probabilitas (sig.) 0,001. Maka dapat di simpulkan terdapat perubahan tingkat pengetahuan lebih besar terjadi pada kelompok yang diberi perlakuan edukasi kesehatan dengan media audiovisual. Kata Kunci : Pengetahuan, Edukasi Kesehatan, Media Audiovisual, MediaVisual, COVID-19, Remaja.

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Andika Rizky Nugraha
Date Deposited: 03 Oct 2022 07:25
Last Modified: 03 Oct 2022 07:25
URI: http://eprints.wdh.ac.id/id/eprint/2527

Actions (login required)

View Item View Item