Hubungan Durasi Penggunaan Gadget Dengan perkembangan emosional Anak Usia Sekolah(7-12 Tahun) Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sdn Serua Indah 02 Kota Tangerang Selatan

Malaihatul Uyun, . (2022) Hubungan Durasi Penggunaan Gadget Dengan perkembangan emosional Anak Usia Sekolah(7-12 Tahun) Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sdn Serua Indah 02 Kota Tangerang Selatan. STIKES WDH, Tangerang Selatan.

[img] Text
FILE COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (586kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img] Text
MANUSKRIP_Malaihatul Uyun_181030100185_KPP006.NEW.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB)

Abstract

Latar Belakang: Hasil survei KPAI memberikan gambaran bahwa anak banyak mengunakan gadget diluar kepentingan belajar 1-2 jam perhari 36,5%, 2-5 jam per hari 34,8%, lebih dari 5 jam per hari 25,4% dan 1-4 perminggu 3,3%.Banyak anak yang mulai kecanduan gadget dan lupa bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya yang berdampak psikologis terutama emosional dan krisis percaya diri, juga pada perkembangan fisik anak. Tujuan Penelitian: untuk mengidentifikasi Hubungan Durasi Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Emosional Anak Usia Sekolah (7-12 Tahun) Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SDN Serua Indah 02 Kota Tangerang Selatan.Metodologi Penelitian: Penelitian ini menggunakan desain deskriptif analitik yang menggunakan data primer (kuesioner) dengan rancangancross sectional. Jumlah sampel sebanyak 114 siwa-siswi sekolah dasar di SDN Serua Indah 02 Kota Tangerang Selatan. Hasil Penelitian: Hasil analisis diperoleh bahwa anak yang menggunakan durasi penggunaan gadget kategori berat yaitu sebanyak36 responden (31.6%)dan anak dengan perkembangan emosional (skala kesulitan) abnormal yaitu sebanyak 42 responden(36.8%), serta anak dengan perkembangan emosional (skala kekuatan) abnormal yaitu sebanyak 36 responden(31.6%). Hasil uji statistik dengan menggunakan uji Chi-Square diperoleh nilai p-value=0,000 < a=0,05. Kesimpulan:Bahwa terdapat hubungandurasi penggunaan gadget dengan perkembangan emosional anak usia sekolah (7-12 tahun) pada masa pandemi covid-19.Saran: Bagi institusi pendidikandiharapkan pihak sekolah dapat membantu dalam memgembangkan emsional siswanya dengan tambahan pelajaran atau dengan menambah pelajaran ekstrakulikuler supaya anak tidak terus menerus bermain gagdet. Kata kunci : Durasi Penggunaan Gadget, Perkembangan Emosional, Anak Usia Sekolah

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Andika Rizky Nugraha
Date Deposited: 04 Oct 2022 01:46
Last Modified: 04 Oct 2022 01:46
URI: http://eprints.wdh.ac.id/id/eprint/2549

Actions (login required)

View Item View Item