Gambaran Kepatuhan Pasien Program Rujuk Balik Poli Penyakit Dalam Di Rs Imc Bintaro Pada Masa Pandemi Covid-19 Periode Mei-Agustus 2021

Muhamad Firmansyah, . (2022) Gambaran Kepatuhan Pasien Program Rujuk Balik Poli Penyakit Dalam Di Rs Imc Bintaro Pada Masa Pandemi Covid-19 Periode Mei-Agustus 2021. STIKES WDH, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (839kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB)
[img] Text
JURNAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)

Abstract

Program Rujuk Balik (PRB) merupakan salah satu program unggulan BPJS Kesehatan yang diberikan kepada peserta penderita penyakit kronis dengan kondisi stabil dan masih memerlukan pengobatan jangka panjang yang dilaksanakan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) atas rekomendasi dari dokter spesialis/subspesialis yang merawat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kepatuhan pasien program rujuk balik poli penyakit dalam di RS. IMC Bintaro pada masa pandemi covid-19 periode Mei-Agustus 2021 di RS IMC Bintaro. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Total Sampling. Hasil dan kesimpulan pada penelitian ini Teridentifikasi pasien pada program rujuk balik poli peyakit dalam di RS IMC Bintaro pada masa pandemi covid-19 peiode Mei-Agustus 2021 hampir setengahnya berumur 55-65 tahun berjumlah 39 pasien dengan persentase 42,4%, tingkat pendidikan SLTA berjumlah 36 pasien dengan persentase 39,1%, jenis pekerjaan lainnya berjumlah 27 pasien dengan persentase 29,3%, lebih dari setengahnya pasein menderita penyakit Hipertensi berjumlah 47 pasien dengan persentase 51,1%, jenis kelamin laki-laki dan perempuan berjumlah 46 pasien dengan masing-masing persentase 50%.Teridentifikasi kepatuhan pasien BPJS yang mengikuti program rujuk balik melakukan kontrol kembali ke Rumah Sakit periode Mei-Agustus 2021 lebih dari setengahnya tidak patuh berjumlah 55 pasien dengan persentase 59,8%.Saran diharapkan dapat menjadi bahan masukan dan pertimbangan bagi Rumah Sakit untuk dilakukan pelatihan bagi tenaga teknis kefarmasian terkait penjelasan informasi yang tepat untuk pasien program rujuk balik. Kata Kunci : kepatuhan pasien, program rujuk balik, pandemi covid 19 Referensi : Buku dan Jurnal Tahun : 2012 s/d 2021 Jumlah Referensi : 16

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Depositing User: Winda Safitri .
Date Deposited: 13 Oct 2022 03:29
Last Modified: 13 Oct 2022 03:29
URI: http://eprints.wdh.ac.id/id/eprint/2633

Actions (login required)

View Item View Item