Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Di Apotek Faeyza Farma Serpong

Fatiazira Sukarta, . (2022) Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Di Apotek Faeyza Farma Serpong. STIKES WDH, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[img] Text
JURNAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)

Abstract

Kepuasan pasien adalah menjadi salah satu tolak ukur untuk menilai layanan professional dari mutu pelayanan kefarmasian.Kepuasan yang terkait dengan mutu pelayanan adalah segala yang dipersepsikan oleh pasien sebagai mutu. Mutu merupakan kondisi yang berhubungan dengan produk, jasa, manusia, proses, dan lingkungan yang memenuhi atau melebihi harapan (Arab et.al., 2012). Pelayanan fasilitas kesehatan yang memuaskan akan jadi pertimbangan bagi pasien untuk menilai fasilitas kesehatan dan kembali ke fasilitas kesehatan yang sama ketika membutuhkan pelayanan kesehatan (Hazfriani dkk., 2016). Penelitian ini bertujuan untuk megetahui kepuasan konsumen terhadap pelayanan informasi obat di Apotek Faeyza Farma Serpong berdasarkan dimensi kualitas pelayanan : kehandalan, ketanggapan, jaminan, empati, dan berwujud. Metode penelitian ini yang digunakan adalah deskriptif dengan menggunakan kuesioner yang diberikan kepada 195 responden. Data yang diperoleh dari kuesioner dihitung persentase rata-rata kepuasan konsumen dan dikategorikan. Hasil penelitian 66 sampel dari 195 respon mendapatkan hasil yang menunjukkan bahwa kepuasan pasien berdasarkan dimensi kualitas pelayanan pada dimensi kehandalan (reliability) dengan kategori puas (60%), dimensi ketanggapan (responsiveness) dengan kategori puas (60,8%), dimensi jaminan (assurance) dengan kategori puas (61%), dimensi empati (empaty) dengan kategori puas (60,8%), dan dimensi bukti fisik (tangible) dengan kategori cukup puas (58,9%). Dari kelima dimensi didapatkan hasil persentase 301,5% dengan kategori puas. Sedangkan rata-rata sebesar 60,3% yang berarti pasien merasa sangat penting akan peningkatan pelayanan kefarmasian di Apotek Faeyza Farma Serpong. Kata Kunci : Kepuasan pasien, pelayanan informasi obat, Apotek

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Depositing User: Winda Safitri .
Date Deposited: 15 Oct 2022 03:17
Last Modified: 15 Oct 2022 03:17
URI: http://eprints.wdh.ac.id/id/eprint/2705

Actions (login required)

View Item View Item