Hubungan Dukungan Sosial Dan Sikappenerimaan Dengan Harga Diri Orang Tua Yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus (Abk) Di Sekolah Khusus Muara Sejahtera Pondok Cabe Tangerang Selatan

Nahlatuz Zakiyah, . (2019) Hubungan Dukungan Sosial Dan Sikappenerimaan Dengan Harga Diri Orang Tua Yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus (Abk) Di Sekolah Khusus Muara Sejahtera Pondok Cabe Tangerang Selatan. STIKES WDH, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (588kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] Text
MANUSKRIP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)

Abstract

Anak adalah anugerah terindah sekaligus amanah yang tuhan berikan kepada setiap orang tua.Dalam sebuah keluarga selalu mengharapkan kehadiran sibuah hati. Orang tua harus dapat menerima bagaimanapun kondisi anak ketika dilahirkan, karena tidak semua anak dilahirkan dengan sempurna. Ada sebagian anak yang dilahirkan dengan memiliki kelainan ataupun gangguan dalam dirinya baik fisik mental ataupun psikologis. Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) merupakan istilah lain untuk menggantikan kata “Anak Luar Biasa (ALB)” yang menandakan adanya kelainan khusus. Anak berkebutuhan khusus memiliki karakteristik yang berbeda antara satu dan lainnya. Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2017, jumlah anak berkebutuhan khusus (ABK) di Indonesia semakin bertambah dari tahun sebelumnya hingga mencapai 1,6 juta anak. Dari 1,6 juta anak berkebutuhan khusus di Indonesia, baru 18% (persen) yang sudah mendapatkan layanan pendidikan inklusi. Sekitar 115 ribu anak berkebutuhan khusus bersekolah di sekolah luar biasa (SLB).Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah hubungan antara dukungan sosial dan sikap penerimaan dengan harga diri orang tua yg memiliki anak berkebutuhan khusus di sekolah khusus muara sejahtera pondok cabe Tangerang selatan..Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan menggunakan desain analitik dengan pendekatan cross sectional merupakan penelitian dengan cara pendekatan, observasi atau pengumpulan data yang di lakukan pada subjek pada saat pemeriksaan. Data yang dikumpulkan menggunakan metode kuesioner.Jumlah sampel sebanyak 53 orang di sekolah khusus muara sejahtera pondok cabe Tangerang selatan tahun 2019.Hasilpenelitian ini di peroleh Gambaran harga diri orang tua menunjukkan bahwa sebagian besar orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus di skolah khusus muara sejahtera pondok cabe Tangerang selatan memiliki harga diri yang rendah yaitu sebanyak 30 orang dengan persentase sebesar (56,6%) dan orang tua dengan harga diri tinggi sebanyak 23 orang dengan persentase (43,4%). Hasil uji statistik regresi logistik menunjukkan bahwa variabel yang paling berpengaruh terhadap harga diri orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus adalah dukungan sosial dengan nilai sig 0,000, kekuatan hubungan terbesar dalam penelitian ini berasal dari variabel harga diri dengan nilai (OR = 4,404).Dari hasil penelitian ini diharapkan para orang tua dapat lebih memberikan dukungan sosial antar sesama orang tua dilingkungan sekitarnya untuk bisa lebih menerima dan meningkatka harga dirinya. Kata kunci : dukungan sosial, sikap penerimaan dan harga diri orang tua Keputustakaan : 24 (2012-2018)

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Andika Rizky Nugraha
Date Deposited: 19 Nov 2022 03:10
Last Modified: 19 Nov 2022 03:10
URI: http://eprints.wdh.ac.id/id/eprint/2958

Actions (login required)

View Item View Item