Hubungan Lama Waktu Tunggu Dan Kualitas Pelayanan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Puskesmas Mauk Tangerang

Siti Mutiara Oktavia Ningsih, . Hubungan Lama Waktu Tunggu Dan Kualitas Pelayanan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Puskesmas Mauk Tangerang. STIKES WDH, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (629kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (120kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB)
[img] Text
JURNAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)

Abstract

Lama waktu tunggu pasien mencerminkan bagaimana Puskesmas mengelola komponen pelayanan yang disesuaikan dengan situasi dan harapan pasien, kualitas pelayanan yang baik tercermin dari pelayanan yang ramah, cepat dan nyaman. Kedua faktor tersebut dapat mempengaruhi tingkat kepuasan pasien. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan lama waktu tunggu dan kualitas pelayanan dengang tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Mauk. Metode penelitian ini menggunkan metode kuantitatif dan jenis penelitian ini adalahCross Sectional. Teknik sampel yangdigunakan adalah teknik Non probability sampling, teknik yang digunakan adalah Incidental sampling. Sampel yang diambil dalam penelitian ini menggunakan rumus dari Sopiyudin Dahlan diperoleh jumlah sampel 69 responden. Hasil penelitian lama waktu tunggu tertinggi tertinggi > 60 menit kategoti lebih dari standar sebanyak 48 responden (69,6%)dan terendah ≤ 60 menit kategori standar sebanyak 21 responden (30,4%).Kualitas pelayanan diperoleh data tertinggi sebanyak 33 responden (47,8%) menyatakan cukup baik dan terendah sebanyak 6 responden (8,7%) menyatakan kurang baik. Tingkat kepuasan datatertinggi sebanyak 45 responden (65,2%) menyatakan cukup puas dan terendah sebanyak 10 responden (14,5%) menyatakan kurang puas. Dengan menggunakan uji korelasi spearmandiperoleh hasil untuk lama waktu tunggu dengan tingkat kepuasan pasien diperoleh nilai signifikan 0,330 (p>0,05) dan kualitas pelayanan dengan tingkat kepuasan diperoleh nilai signifikan 0,000 (p<0,01). Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah tidak ada hubungan lama waktu tunggu dengan tingkat kepuasan pasien maka Ha di tolak dan ada hubungan kulitas pelayanan dengan tingkat kepuasan pasien maka Ha diterima. Kata kunci : Lama waktu tunggu, kualitas pelayanan, tingkat kepuasan pasien. Kepustakaan : 55 (2009-2019)

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Andika Rizky Nugraha
Date Deposited: 21 Nov 2022 01:36
Last Modified: 21 Nov 2022 01:36
URI: http://eprints.wdh.ac.id/id/eprint/2969

Actions (login required)

View Item View Item