Evaluasi Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Uptd Puskesmas Dramaga Bogor

Dzul Hadi Syakur, . (2023) Evaluasi Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Uptd Puskesmas Dramaga Bogor. STIKES WDH, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (868kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[img] Text
JURNAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)

Abstract

Berdasarkan PerMenkes Nomor 43 Tahun 2019 tentang pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas), pada pasal 3 yang berbunyi bahwasanya prinsip penyelenggaraan Puskesmas ini harus meliputi salah satunya paradigma sehat. Sejalan dengan berkembang nya zaman, kebutuhan pelayanan khususnya kefarmasian di masyarakat butuh adaptasi dan juga sistem yang tidak kaku. Guna mencapai hal itu, cara pandang lama untuk menentukan penyelesaian masalah yang tadi nya kepada produk (drug oriented) menjadi cara pandang baru kepada pasien (patient oriented) dengan filosofi pelayanan kefarmasian (pharmaceutical care). Mengetahui kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di UPTD Puskesmas Bogor. Pengumpulan data penelitian yang dilakukan dengan memberikan kuesioner pada responden dengan waktu sewaktu secara accidental sampling, metode accidental sampling adalah teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan. Frekuensi terbanyak responden yakni pada usia masa dewasa awal (26 – 35 tahun) yang jumlah responden sebanyak 89 atau 24,79%, Persentase yag di dapatkan di penelitian ini untuk varibel setiap jenis kelamin adalah 214 responden atau sebesar 60% untuk jenis kelamin perempuan dan 145 responden atau sebesar 40% untuk jenis kelamin laki-laki. Nilai rata-rata kepuasan sebesar 18,09 dengan persentase 90% untuk dimensi dimensi kehandalan (Reliability), rata-rata kepuasan sebesar 12,80 dengan peresentase 85% untuk dimensi daya tanggap (Responsivenes), rata-rata kepuasan sebesar 22,13 dengan persentase 89% untuk dimensi jaminan (Assurance), rata-rata kepuasan sebesar 17,64 dengan persentase 88% untuk dimensi empati (Empathy), rata-rata kepuasan sebesar 37,92 dengan persentase 84% untuk bukti fisik (Tangible). Memperhatikan fasilitas yang ada untuk diperbaiki dan pelayanan yang mendapat persentase kecil untuk segera dibenahi. Kata Kunci : Kepuasaan, Pelayanan, Puskesmas, Kefarmasian, Tingkat Kepuasan Referensi :Jurnal, Buku, KTI Tahun : 2015 s/d 2022 Jumlah Referensi : 30

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Depositing User: Andika Rizky Nugraha
Date Deposited: 14 Mar 2024 03:22
Last Modified: 14 Mar 2024 03:22
URI: http://eprints.wdh.ac.id/id/eprint/3075

Actions (login required)

View Item View Item