Tinjauan Efektivitas Pada Penggunaan Simrs Khanza Di Pelayanan Rawat Jalan Rsia Citra Insani

Ugidia Dewi Yani, . (2023) Tinjauan Efektivitas Pada Penggunaan Simrs Khanza Di Pelayanan Rawat Jalan Rsia Citra Insani. STIKES WDH, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER KTI UGIDIA DEWI YANI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (953kB)
[img] Text
BAB I KTI UGIDIA DEWI YANI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[img] Text
BAB II KTI UGIDIA DEWI YANI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text
BAB III KTI UGIDIA DEWI YANI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Text
BAB IV KTI UGIDIA DEWI YANI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[img] Text
BAB V KTI UGIDIA DEWI YANI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img] Text
JURNAL UGIDIA DEWI YANI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)

Abstract

SIMRS Khanza merupakan sistem teknologi informasi komunikasi yang memproses dan mengintegrasikan seluruh alur proses pelayanan Rumah Sakit dalam bentuk jaringan koordinasi, pelaporan dan prosedur administrasi untuk memperoleh informasi secara tepat dan akurat. Penggunaan SIMRS Khanza yang belum efektif sehingga menyebabkan pelayanan kepada pasien menjadi kurang maksimal sehingga peneliti tertarik untuk melakukan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala dan keefektivitasan penggunaan SIMRS Khanza terhadap pelayanan rawat jalan menggunakan unsur manajemen 5M. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif dengan purposive sampling. Purposive sampling adalah teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tentu sesuai dengan kriteria yang diinginkan untuk dapat menentukan jumlah sample yang akan diteliti. Hasil penelitian yang diperoleh dari hasil wawancara terkait 5M terdapat kendala terkait unsur methods karena tidak memiliki SOP penggunaan SIMRS Khanza, terkait unsur materials terjadi kendala pada jaringan internet dan terkait unsur manusia belum adanya pelatihan khusus kepada petugas pelayanan rawat jalan. Terkait unsur mechines dan money sudah dikatakan efektif karena sudah tersedianya aplikasi SIMRS Khanza disetiap unit dan sudah tercukupi anggaran pada rumah sakit serta dilakukannya pemeliharaan pada SIMRS Khanza. Saran terkait unsur 5M yang terkendala yaitu methods agar segera diterbitkan SOP bagi proses pelayanan rawat jalan, materials agar diberlakukan pemeliharaan dan perbaikan secara terus menerus untuk sistem jaringan dan man petugas lebih meningkatkan kemampuannya dan mengikuti pelatihan khusus minimal satu tahun sekali. Kata Kunci : Efektivitas Penggunakan Sistem Khanza, SIMRS, 5M Referensi : 25 Tahun : 2013 sd 2022

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: Andika Rizky Nugraha
Date Deposited: 30 Apr 2024 08:57
Last Modified: 30 Apr 2024 08:57
URI: http://eprints.wdh.ac.id/id/eprint/3092

Actions (login required)

View Item View Item