Iqbal Maulana, . (2024) Gambaran Kepuasan Kualitas Pelayanan Di Apotek Roxy Condet Periode April 2023. STIKES WDH, Tangerang Selatan.
Text
MANUSCRIPT IQBAL STIKES WDH KAMPUS FIX.pdf Restricted to Registered users only Download (226kB) |
Abstract
Pelayanan kefarmasian merupakan pelayanan kesehatan yang mempunyai peran penting dalam mewujudkan kesehatan bermutu, dimana tenaga farmasi sebagai bagian dari tenaga kesehatan mempunyai tugas dan tanggung jawab dalam pemberian informasi tentang cara pemakaian obat yang rasional. Pelayanan kefarmasian meliputi penampilan apotek, keramahan petugas, pelayanan informasi obat, ketersediaan obat, dan kecepatan pelayanan. Pelayanan kefarmasian di apotek yang berkualitas dapat memuaskan masyarakat sebagai pasien, loyalitas pasien, serta dapat meningkatkan kualitas hidup pasien. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kepuasan kualitas pelayanan kefarmasian di Apotek Roxy Condet berdasarkan dimensi kualitas pelayanan: kehandalan, ketanggapan, jaminan, empati, dan berwujud. Jenis penelitian observasional deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Cara pengambilan sampel dengan metode non probability sampling dengan teknik accidental sampling. Sampel yang diperoleh sebanyak 390 responden. Data yang diperoleh dari kuesioner dihitung persentase rata-rata kepuasan konsumen dan dikategorikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan pasien berdasarkan dimensi kualitas pelayanan pada dimensi kehandalan (73,95%), dimensi ketanggapan (71,61%), dimensi jaminan (74,05%), dimensi empati (72,23%), dan dimensi bukti fisik (72,99%). Dari kelima dimensi didapatkan hasil rata-rata 74,16% dengan kategori puas yang berarti pasien merasa sangat penting akan peningkatan pelayanan kefarmasian di Apotek Roxy Condet. Kata Kunci: Kepuasan Pasien, Pelayanan, Apotek
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RS Pharmacy and materia medica |
Depositing User: | Andika Rizky Nugraha |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 07:46 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 07:46 |
URI: | http://eprints.wdh.ac.id/id/eprint/3121 |
Actions (login required)
View Item |