Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien Bpjs Pada Pelayanan Rawat Jalan Di Rumah Sakit Medika Bsd

Fitri Anggraini, . (2019) Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien Bpjs Pada Pelayanan Rawat Jalan Di Rumah Sakit Medika Bsd. STIKES WDH, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER fitri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (586kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[img] Text
manuskrip fitri anggraini.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)

Abstract

Latar Belakang: Pelayanan kesehatan yang bermutu merupakan faktor yang penting dalam mencapai kepuasan pasien.Kepuasaan pasien adalah suatu tingkat perasaan pasien yang timbul sebagai akibat dari kinerja layanan kesehatan yang diperoleh setelah pasien membandingkannya dengan apa yang di harapkannya. Data kepuasan yang diperoleh dari rumah Sakit Medika BSD dari Bulan Januari - Desember 2018 sebesar 19,96% yang memuaskan seharusnyadiperoleh target kepuasan mencapai 100% yang ditentukan oleh pihak rumah sakit. Tujuan: Desain penelitian merupakan bentuk rancangan yang akan digunakan dalam melakukan prosedur penelitian. Jenis penelitian yang digunakan untuk penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan penelitian analitik dan desain cross sectional. Yaitu pendekatan dimana variabel independen dan variabel dependen diambil pada waktu yang bersamaan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien BPJS pada pelayanan rawat jalan di rumah sakit medika BSD. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional.Populasi dalam penelitian ini yaitu semua pasien BPJS yang ada di rumah sakit medika BSD dalam perhari yang berjumlah 200 pasien. Sampel dalam penelitian ini sebesar 73 respondendiambil secara accidental sampling. Pengumpulan data menggunakan wawancara yang dibacakan oleh peneliti,analisa data menggunakan uji chi square. Hasil penelitian didapatkan faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien BPJS dengan pelayanan rawat jalan di Rumah Sakit Medika BSD adalah status kepesertaan (p value 0,036)dan yang tidakadahubunganialah umur responden (p value 0,513), jenis kelamin (p value 0,893), pendidikan (p value 0,394), pekerjaan (p value 0,821),prosedurpelayanan(pendaftaran) (p value 0,266), sumber daya manusia (tenagakesehatan) (p value 0,867),pelayanan obat (p value 0,909), fasilitas (p value 0,255). Faktor yang berhubungan adalah status kepesertaan. Saran untuk rumah sakit diharapkan dapat menjadi masukan bagi rumah sakit mengenai kepuasan pasien BPJS sehingga dapat menjadikan rumah sakit ini pelayanan yang lebih baik dengan pelayanan yang dipilih langsung oleh masyarakat. Kata Kunci : Kepuasan Pasien BPJS, Faktor yang berhubungan Referensi : 39 (Buku 20 + Jurnal 6 + Artikel 12) Kepustakaan :(1985-2016)

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: Andika Rizky Nugraha
Date Deposited: 21 Jun 2021 03:52
Last Modified: 21 Jun 2021 04:22
URI: http://eprints.wdh.ac.id/id/eprint/560

Actions (login required)

View Item View Item