Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Ruang Icu Rsud Banten

Sonny Syafrida, . (2021) Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Ruang Icu Rsud Banten. STIKES WDH, Tangerang Selatan.

[img] Text
File Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[img] Text
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[img] Text
MANUSKRIP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)

Abstract

Kepuasan pasien adalah suatu tingkat perasaan pasien yang timbul sebagai akibat dari kinerja layanan kesehatan yang diperoleh setelah pasien membandingkannya dengan apa yang diharapkan. Perilaku perawat yang caring membuat pasien merasa di hargai, sehingga hal itu memberi kepuasan yang sesuai dengan harapan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan caring perawat dengan kepuasan pasien di Ruang ICU RSUD Banten Tahun 2020. Hasil penelitian menunjukkan hubungan antara perilaku caring dengan kepuasan pasien. Hasil analisa univariat menunjukkan bahwa dari 23 responden sebagian besar responden yaitu 17 orang (73,9%) mendapat perilaku caring dan hampir sebagian besar responden yaitu 16 orang (69,6%) mengatakan puas dengan pelayanan keperawatan. Sedangkan hasil analisa bivariat dengan uji Chi Square dengan menggunakan SPSS versi 22 menunjukkan bahwa dari 17 (73,9%) responden yang mendapat perilaku caring 16 (69,6%) responden merasa puas dengan pelayanan keperawatan. Uji statistik mendapatkan hasil P value 0,001 yang berarti Ha diterima dengan nilai korelasi 0,01. Karena P value kurang dari 0,05, peneliti menyimpulkan bahwa ada hubungan antara caring dengan kepuasan pasien. Dari hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa seseorang yang mendapat perilaku caring akan merasa puas dengan pelayanan keperawatan. Oleh karena itu, badan pelayanan di bidang kesehatan khususnya di bidang keperawatan diharapkan memberikan perilaku caring pada pasien agar mereka puas dengan pelayanan keperawatan. Kata Kunci : caring, kepuasan pasien Kepustakaan : 24 (2010 – 2020)

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Winda Safitri .
Date Deposited: 16 Sep 2021 06:50
Last Modified: 16 Sep 2021 06:50
URI: http://eprints.wdh.ac.id/id/eprint/846

Actions (login required)

View Item View Item