Gambaran Kepuasan Pasien Dengan Pelayanan Instalasi Farmasi Rawat Jalan Di Rs Xxx Tangerang Selatan Periode April Tahun 2020

Nina Widya Kusumaningsih, . (2020) Gambaran Kepuasan Pasien Dengan Pelayanan Instalasi Farmasi Rawat Jalan Di Rs Xxx Tangerang Selatan Periode April Tahun 2020. STIKES WDH, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42kB)
[img] Text
MANUSCRIPT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB)

Abstract

Rumah Sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan, dan gawat darurat (Permenkes, 2016). Instalasi Farmasi Rumah Sakit adalah salah satu bagian atau divisi penumjang yang mempunyai tugas untuk menunjang pelayanan kesehatan yang berkualitas. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan memberikan kuisioner kepada 50 responden yang datang ke rs xxx tangerang selatan. Kuisiner tersebut tentang gambaran penilaian terhadap kepuasan pasien melalui pelayanan instalasi farmasi rawat jalan di rs xxx tangerang selatan yang dapat diukur melalui sarana prasarana, KIE, kecepatan pelayanan, keramahan petugas dan kepuasan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kepuasan pasien dengan pelayanan instalasi farmasi di rs xxx tangerang selatan periode april 2020. Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa 50 kuisioner yang dibagikan ke pasien memberikan penilaian tentang kepuasan pasien dengan pelayanan instalasi farmasi rawat jalan menunjukan hasil tertinggi pada keramahan petugas dengan IKM 82,75% dikategorikan sangat puas, komunikasi, informasi dan edukasi (KIE) sebesar 81% diketagorikan puas, sarana dan prasarana sebesar 80,5% dikategorikan puas dan kecepatan pelayanan sebesar 78,75% kategori puas. Sehingga hasil presentase penelitian tentang gambaran kepuasan pasien dengan pelayanan instalasi farmasi di rs xxx tangerang selatan periode april 2020 sebesar 80,75% kategori puas. Harapan kepada seluruh petugas rs xxx tangerang selatan memberikan pelayanan yang baik terhadap keramahan petugas, KIE, kecepatan pelayanan dan kepuasan dalam pelayanan. Kata kunci : Gambaran kepuasan pasien, Pelayanan kefarmasian, dan Instalasi farmasi rawat jalan Referensi : 16 (2004 - 2016)

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Depositing User: Andika Rizky Nugraha
Date Deposited: 05 Oct 2021 06:56
Last Modified: 05 Oct 2021 06:56
URI: http://eprints.wdh.ac.id/id/eprint/899

Actions (login required)

View Item View Item